Software Engineering Graduate Profile
Profil Lulusan di Prodi Rekayasa Perangkat Lunak
IT Professional
System Analyst
Software Designer
Software Architect
Software (Full-stack) Developer
Software Project Manager
Software Engineer
User Interface/User Experience (UI/UX) Designer
Artificial Intelligence Engineer
Software Quality Assurance Engineer
Technopreneur
Mobile App Developer
Game Developer
Software House
IT Consultant
Digital Startup
Akademisi dan Peneliti
Pengajar (Dosen/Guru) RPL
Ilmuwan (Peneliti) RPL
Staff Riset dan Development (RnD)
Learning Outcomes
Lulusan Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak akan memiliki kemampuan berikut setelah mengikuti program sarjana ini :
SikapPengetahuanKeterampilan UmumKeterampilan Khusus
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
- Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila
- Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Menguasai dasar ilmu komputer serta teknologi konstruksi pemrograman
- Menguasai dasar matematika, sains, dan teknik untuk perangkat lunak
- Menguasai dasar-dasar pemodelan dan analisis perangkat lunak
- Menguasai konsep jaringan komputer dan keamanan perangkat lunak beserta pengembangan dan pengujiannya
- Menerapkan praktik profesionalisme serta komunikasi baik secara mandiri dan kelompok
- Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis
- Mampu mengidentifikasi akar masalah secara komprehensif, serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
- Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya
- Mampu menerapkan kewirausahaan dan memahami kewirausahaan berbasis teknologi
- Mampu melakukan analisa kebutuhan perangkat lunak, spesifikasi sistem, dokumentasi serta uji penerimaan pengguna kebutuhan perangkat lunak
- Mampu menerapkan konsep, strategi, desain, dan arsitektur perangkat lunak serta interaksi manusia dan komputer
- Mampu melakukan proses verifikasi dan validasi perangkat lunak dan pengujian serta analisisnya
- Mampu melaksanakan perencanaan, proses, implementasi, konfigurasi, evolusi, serta manajemen proyek perangkat lunak
- Mampu menerapkan konsep kualitas dan jaminan proses produk perangkat lunak serta pengujiannya secara otomatis
- Mampu melakukan pendekatan sistem cerdas dan memilih representasi pengetahuan sesuai dengan masalah yang dihadapi
- Mampu menerapkan konsep pemodelan, rendering animasi 2D dan 3D, visualisasi, grafika komputer, serta multimedia