Kurikulum Outcome Based Education (OBE)
Pendidikan berbasis hasil (OBE) berfokus pada hasil kemampuan yang dicapai siswa setelah menyelesaikan program. Kurikulum dirancang secara terstruktur agar seluruh aspek pembelajaran, mulai dari materi, penyusunan konten, metode pengajaran, hingga evaluasi, mendukung pencapaian hasil tersebut. Pendekatan ini diimplementasikan untuk menjawab tantangan globalisasi, memastikan lulusan memenuhi standar internasional, dan memperkuat daya saing mereka di tingkat dunia.
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)
Telkom University, sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, mendukung penuh program Merdeka Belajar Kampus Merdeka serta Matching Fund Kedaireka. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka memberikan mahasiswa lebih banyak kendali dalam proses pembelajaran melalui pendekatan yang inovatif. Telkom University menciptakan lingkungan yang mendukung pelaksanaan program ini dan menjadi perintis dalam penerapannya. Mahasiswa diberi kebebasan untuk mengeksplorasi minat, mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan tujuan karier, menentukan mata kuliah, mengatur jadwal, hingga menyusun kurikulum secara mandiri. Selain itu, Telkom University turut aktif dalam program Matching Fund Kedaireka, yaitu skema pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk mengatasi berbagai tantangan masyarakat. Melalui program ini, mahasiswa diajak berkontribusi dalam pengembangan ekonomi berbasis riset dan inovasi yang melibatkan kerja sama antara pemerintah, akademisi, dan dunia industri.
Rencana Pembelajaran Semester
Semester 1 | ||
---|---|---|
Kode | Nama | SKS |
UAKXGCB2 | Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME | 2 |
UAKXACB2 | Agama Islam | 2 |
UAKXBCB2 | Agama Kristen | 2 |
UAKXCCB2 | Agama Katolik | 2 |
UAKXDCB2 | Agama Hindu | 2 |
UAKXECB2 | Agama Budha | 2 |
UAKXFCB2 | Agama Kong Hu Cu | 2 |
CCK1ADB2 | Pembentukan Karakter | 2 |
CCK1BAB3 | Kalkulus | 3 |
CCK1CAB3 | Logika Matematika | 3 |
CCK1DAB4 | Algoritma Pemrograman | 4 |
CCK1EAB3 | Manajemen Proses Bisnis | 3 |
CCK1FAB2 | Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak | 2 |
Total | 19 |
Semester 2 | ||
---|---|---|
Kode | Nama | SKS |
UCKXADB2 | Bahasa Inggris | 2 |
CCK1GAB2 | Statistika | 2 |
CCK1HAB3 | Matematika Diskrit | 3 |
CCK1IAB3 | Dasar Pemrograman Berorientasi Objek | 3 |
CCK1JAB3 | Organisasi dan Arsitektur Komputer | 3 |
CCK1KAB3 | Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak | 3 |
CCK1LAB3 | Design Thinking | 3 |
Total | 19 |
Semester 3 | ||
---|---|---|
Kode | Nama | SKS |
CCK2AAB4 | Struktur Data | 4 |
CCK2BAB2 | Analisis Kompleksitas Algoritma | 2 |
CCK2CAB3 | Pemodelan Perangkat Lunak | 3 |
CCK2DAB3 | Proses Perangkat Lunak | 3 |
CCK3HAB2 | Metode Formal | 2 |
CCK2EAB2 | Keprofesian Rekayasa Perangkat Lunak | 2 |
CCK2FAB4 | Arsitektur dan Desain Perangkat Lunak | 4 |
UBKXBCB2 | Pancasila | 2 |
Total | 20 |
Semester 4 | ||
---|---|---|
Kode | Nama | SKS |
CCK2GAB3 | Interaksi Manusia Komputer | 3 |
CCK2HAB4 | Basis Data | 4 |
CCK2IAB3 | Dasar Jaringan Komputer | 3 |
CCK2JAC2 | Proyek Tingkat II | 2 |
CCK2KAB4 | Konstruksi Perangkat Lunak | 4 |
CCK2LAB3 | Kecerdasan Buatan | 3 |
Total | 19 |
Semester 5 | ||
---|---|---|
Kode | Nama | SKS |
UCKXBDDB2 | Kewirausahaan | 2 |
CCK3AAB3 | Pemrograman Perangkat Bergerak | 3 |
CCK3MAC2 | Proyek Tingkat III | 2 |
CCK3BAB3 | Manajemen Proyek | 3 |
CCK3KAB3 | Manajemen Konfigurasi dan Evolusi Perangkat Lunak | 3 |
CCK3DAB3 | Perancangan dan Pemrograman Web | 3 |
CCK3EAB2 | Wawasan Global TIK | 2 |
CCK3FAB3 | Penjaminan Mutu Perangkat Lunak | 3 |
Total | 19 |
Semester 6 | ||
---|---|---|
Kode | Nama | SKS |
UBKXCCB2 | Bahasa Indonesia | 2 |
CCK3GAB4 | Pengujian Perangkat Lunak | 4 |
CCK3CAB3 | Pengalaman Pengguna (UX) | 3 |
CCK3IAB2 | Tata Tulis Ilmiah | 2 |
CCK3JAB2 | Bahasa Inggris: Writing and Speaking | 2 |
CCK3KAB3 | Manajemen Konfigurasi dan Evolusi Perangkat Lunak | 3 |
CCK3LAB3 | Sistem Operasi | 3 |
MBKM/Pilihan I | 3 | |
Total | 20 |
Semester 7 | ||
---|---|---|
Kode | Nama | SKS |
CCK4AAB2 | Teknologi Perangkat Lunak Untuk Masyarakat | 2 |
CCK4BAB3 | Kerja Praktik | 3 |
CCK4CAB2 | Penulisan Proposal | 2 |
UBKXACB2 | Kewarganegaraan | 2 |
MBKM/Pilihan II | 3 | |
MBKM/Pilihan III | 3 | |
Total | 15 |
Semester 8 | ||
---|---|---|
Kode | Nama | SKS |
CCK4DAA4 | Tugas Akhir | 4 |
MBKM/Pilihan IV | 3 | |
MBKM/Pilihan V | 3 | |
MBKM/Pilihan VI | 3 | |
Total | 13 |
Mata Kuliah Pilihan | ||
---|---|---|
Kode | Nama | SKS |
CCK4EBB3 | Rekayasa Perangkat Lunak Untuk Pengembangan Game | 3 |
CCK4FBB3 | Rekayasa Perangkat Lunak Untuk Sistem Cerdas | 3 |
CCK4GBB3 | Pengembangan dan Tinjauan Kasus Penjaminan | 3 |
CCK4HBB3 | Pengembangan Perangkat Lunak untuk Startup | 3 |
CCK4IBB3 | DevOps | 3 |
CCK4JBB3 | Model Digital Bisnis | 3 |
CCK4KBB3 | UI/UX untuk Kompetisi | 3 |
CCK4LBB3 | KAPITA SELEKTA | 3 |
CCK4MBB3 | PENGUJIAN DALAM PRAKTIK | 3 |
CCK4NBB3 | MAGANG PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK | 3 |
CCK4OBB3 | PENGEMBANGAN BACK-END DALAM PRAKTIK | 3 |
CCK4PBB3 | MAGANG PENGEMBANGAN BACK-END | 3 |
CCK4QBB3 | PENGEMBANGAN FRONT-END DALAM PRAKTIK | 3 |
CCK4RBB3 | MAGANG PENGEMBANGAN FRONT-END | 3 |
CCK4SBB3 | PENGEMBANGAN UI/UX DALAM PRAKTIK | 3 |
CCK4TBB3 | MAGANG PENGEMBANGAN UI/UX | 3 |
CCK4UBB3 | ANALISIS SISTEM DALAM PRAKTIK | 3 |
CCK4VBB3 | MAGANG ANALISIS SISTEM | 3 |
CCK4WBB3 | IDENTIFIKASI MASALAH PADA PERANGKAT LUNAK | 3 |
CCK4XBB3 | PERANCANGAN SOLUSI PADA PERANGKAT LUNAK | 3 |
CCK4YBB3 | Animasi dan Pemodelan 3D | 3 |
CCK4ZBB3 | Realitas Virtual dan Augmentasi | 3 |