Kurikulum Outcome Based Education (OBE)

Pendidikan berbasis hasil (OBE) berfokus pada hasil kemampuan yang dicapai siswa setelah menyelesaikan program. Kurikulum dirancang secara terstruktur agar seluruh aspek pembelajaran, mulai dari materi, penyusunan konten, metode pengajaran, hingga evaluasi, mendukung pencapaian hasil tersebut. Pendekatan ini diimplementasikan untuk menjawab tantangan globalisasi, memastikan lulusan memenuhi standar internasional, dan memperkuat daya saing mereka di tingkat dunia.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Telkom University, sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, mendukung penuh program Merdeka Belajar Kampus Merdeka serta Matching Fund Kedaireka. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka memberikan mahasiswa lebih banyak kendali dalam proses pembelajaran melalui pendekatan yang inovatif. Telkom University menciptakan lingkungan yang mendukung pelaksanaan program ini dan menjadi perintis dalam penerapannya. Mahasiswa diberi kebebasan untuk mengeksplorasi minat, mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan tujuan karier, menentukan mata kuliah, mengatur jadwal, hingga menyusun kurikulum secara mandiri. Selain itu, Telkom University turut aktif dalam program Matching Fund Kedaireka, yaitu skema pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk mengatasi berbagai tantangan masyarakat. Melalui program ini, mahasiswa diajak berkontribusi dalam pengembangan ekonomi berbasis riset dan inovasi yang melibatkan kerja sama antara pemerintah, akademisi, dan dunia industri.

Rencana Pembelajaran Semester

Semester 1
Kode Nama SKS
UAKXGCB2Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME2
UAKXACB2Agama Islam2
UAKXBCB2Agama Kristen2
UAKXCCB2Agama Katolik2
UAKXDCB2Agama Hindu2
UAKXECB2Agama Budha2
UAKXFCB2Agama Kong Hu Cu2
CCK1ADB2Pembentukan Karakter2
CCK1BAB3Kalkulus3
CCK1CAB3Logika Matematika3
CCK1DAB4Algoritma Pemrograman4
CCK1EAB3Manajemen Proses Bisnis3
CCK1FAB2Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak2
Total19
Semester 2
Kode Nama SKS
UCKXADB2Bahasa Inggris2
CCK1GAB2Statistika2
CCK1HAB3Matematika Diskrit3
CCK1IAB3Dasar Pemrograman Berorientasi Objek3
CCK1JAB3Organisasi dan Arsitektur Komputer3
CCK1KAB3Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak3
CCK1LAB3Design Thinking3
Total19
Semester 3
Kode Nama SKS
CCK2AAB4Struktur Data4
CCK2BAB2Analisis Kompleksitas Algoritma2
CCK2CAB3Pemodelan Perangkat Lunak3
CCK2DAB3Proses Perangkat Lunak3
CCK3HAB2Metode Formal2
CCK2EAB2Keprofesian Rekayasa Perangkat Lunak2
CCK2FAB4Arsitektur dan Desain Perangkat Lunak4
UBKXBCB2Pancasila2
Total20
Semester 4
Kode Nama SKS
CCK2GAB3Interaksi Manusia Komputer3
CCK2HAB4Basis Data4
CCK2IAB3Dasar Jaringan Komputer3
CCK2JAC2Proyek Tingkat II2
CCK2KAB4Konstruksi Perangkat Lunak4
CCK2LAB3Kecerdasan Buatan3
Total19
Semester 5
Kode Nama SKS
UCKXBDDB2Kewirausahaan2
CCK3AAB3Pemrograman Perangkat Bergerak3
CCK3MAC2Proyek Tingkat III2
CCK3BAB3Manajemen Proyek3
CCK3KAB3Manajemen Konfigurasi dan Evolusi Perangkat Lunak3
CCK3DAB3Perancangan dan Pemrograman Web3
CCK3EAB2Wawasan Global TIK2
CCK3FAB3Penjaminan Mutu Perangkat Lunak3
Total19
Semester 6
Kode Nama SKS
UBKXCCB2Bahasa Indonesia2
CCK3GAB4Pengujian Perangkat Lunak4
CCK3CAB3Pengalaman Pengguna (UX)3
CCK3IAB2Tata Tulis Ilmiah2
CCK3JAB2Bahasa Inggris: Writing and Speaking2
CCK3KAB3Manajemen Konfigurasi dan Evolusi Perangkat Lunak3
CCK3LAB3Sistem Operasi3
MBKM/Pilihan I3
Total20
Semester 7
Kode Nama SKS
CCK4AAB2Teknologi Perangkat Lunak Untuk Masyarakat2
CCK4BAB3Kerja Praktik3
CCK4CAB2Penulisan Proposal2
UBKXACB2Kewarganegaraan2
MBKM/Pilihan II3
MBKM/Pilihan III3
Total15
Semester 8
Kode Nama SKS
CCK4DAA4Tugas Akhir4
MBKM/Pilihan IV3
MBKM/Pilihan V3
MBKM/Pilihan VI3
Total13
Mata Kuliah Pilihan
Kode Nama SKS
CCK4EBB3Rekayasa Perangkat Lunak Untuk Pengembangan Game3
CCK4FBB3Rekayasa Perangkat Lunak Untuk Sistem Cerdas3
CCK4GBB3Pengembangan dan Tinjauan Kasus Penjaminan3
CCK4HBB3Pengembangan Perangkat Lunak untuk Startup3
CCK4IBB3DevOps3
CCK4JBB3Model Digital Bisnis3
CCK4KBB3UI/UX untuk Kompetisi3
CCK4LBB3KAPITA SELEKTA3
CCK4MBB3PENGUJIAN DALAM PRAKTIK3
CCK4NBB3MAGANG PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK3
CCK4OBB3PENGEMBANGAN BACK-END DALAM PRAKTIK3
CCK4PBB3MAGANG PENGEMBANGAN BACK-END3
CCK4QBB3PENGEMBANGAN FRONT-END DALAM PRAKTIK3
CCK4RBB3MAGANG PENGEMBANGAN FRONT-END3
CCK4SBB3PENGEMBANGAN UI/UX DALAM PRAKTIK3
CCK4TBB3MAGANG PENGEMBANGAN UI/UX3
CCK4UBB3ANALISIS SISTEM DALAM PRAKTIK3
CCK4VBB3MAGANG ANALISIS SISTEM3
CCK4WBB3IDENTIFIKASI MASALAH PADA PERANGKAT LUNAK3
CCK4XBB3PERANCANGAN SOLUSI PADA PERANGKAT LUNAK3
CCK4YBB3Animasi dan Pemodelan 3D3
CCK4ZBB3Realitas Virtual dan Augmentasi3
Open chat
Mau Tanya? Silahkan
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?